Anak jurusan IT, bisa kerja apa?

Halo!

Pada postingan kali ini gw mau berbagi ke-sotoy-an gw setelah menjalani masa2 perkuliahan S1 gw di fasilkom. Dulu waktu gw lagi nyari2 jurusan kuliah, gw juga mempertimbangkan jenis pekerjaan apa yang bisa gw dapet setelah lulus dari fasilkom. Di postingan ini juga berdasarkan pekerjaan teman-teman gw selama magang atau kerja. Dan mungkin postingan ini akan lebih berguna dan khusus buat para calon atau mahasiswa fasilkom UI :p.

Sebelum masuk ke sana, gw mau review sedikit tentang kedua jurusan IT yang ada di banyak universitas di Indonesia, yaitu jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika (mungkin mereka agak berbeda, silakan gugel sendiri) dan Sistem Informasi. Perbedaan kedua jurusan tersebut adalah kalo Sistem Informasi (SI) belajar tentang bisnis dan manajemen juga selain pemrograman. Tapi tenang aja, kalo di UI, pemrograman di SI ga kalah susah juga kok sama jurusan sebelah #gamaukalah. Untuk ilmu komputer sendiri emang lebih difokuskan belajar seputar pemrograman dan lebih ke teknikalnya.

Bisa dibilang, kedua jurusan ini, menurut gw mempunyai peluang yang bagus untuk kerja di Indonesia atau di kota-kota besar. Kenapa? karena perusahaan-perusahaan besar pasti memiliki IT, karna kalo engga, mereka bisa kalah sama perusahaan-perusahaan startup yang sangat mengedepankan IT. Coba aja liat perusahaan startup yang sangat memanfaatkan IT dan bisa dibilang cukup sukses di Indonesia seperti Traveloka, Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan e-commerce2 lainnya. Jadi kalo lo tertarik dan tidak keberatan untuk kerja seharian di depan laptop, lo cocok masuk ke jurusan ini, walaupun ada jenis pekerjaan yang tetep bisa mengharuskan lo untuk dinamis dan berinteraksi dengan orang.

Langsung aja yuk liat pekerjaan apa aja yang bisa lo dapatkan setelah lulus dari jurusan IT:

  • Buat perusahaan sendiri

Yup! Rata-rata pemilik perusahaan aplikasi online di Indonesia belum terlalu tua lho. Jadi, kalian yang baru lulus pun dan punya skill yang mumpuni dan koneksi dengan orang-orang hebat bisa bikin perusahaan sendiri! Yang penting adalah kalian punya inovasi yang bagus dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia! Bisa dimulai dengan bikin ide bisnis dan mulai membuat aplikasi kalian sendiri. Di fasilkom sendiri ada beberapa matkul yang bisa membantu kalian untuk menciptakan ide dan mengembangkan aplikasi kalian sendiri seperti Technopreneurship dan PPL.

  • Software Engineer

Pekerjaan ini kayaknya jadi favoritnya anak-anak jurusan ilmu komputer. Selain karena fokus dari jurusan ilkom emang ngoding dan bikin program, gaji untuk seorang SE tuh gede lho. Untuk seorang fresh graduate yang jago ngoding, gajinya pun bisa mencapai 2 digit. Tapi ya emang kerjanya di depan laptop terus-terusan dan mikir terus. Tapi kok rasanya menurut gw kerja di depan laptop itu enak ya :D. Untuk mata kuliah yang mendukung, kok rasanya mayoritas matkul ilkom berguna untuk jadi seorang SE yah :D.

  • Web Developer

Udah gausah dijelasin ini ngapain, yang jelas kerjaannya ya bikin web. Ada beberapa yang membagi menjadi Front End dan Back End Developer. Di fasilkom sendiri, ada mata kuliah wajib bernama PPW yang akan belajar seputar pemrograman dan perancangan web. Di mata kuliah tersebut kalian akan belajar tentang html, css, javascript, jquery, ajax, dan framework seperti Yii. Jika tertarik tentang design web, kalian bisa ambil matkul Sistem Interaksi.

  • System Analyst

Nah mulai masuk ke pekerjaannya anak SI. System analyst itu biasanya dipake di perusahaan yang ingin mengimplementasikan sebuah sistem informasi yang cukup kompleks di perusahaannya. Sebelum membuat sistem, kita perlu membuat rancangannya dulu, dan menganalisis fitur-fitur apa saja yang harus diimplementasi di dalam sistem agar memenuhi requirement tertentu. Kalo kalian anak SI dan tertarik jadi System Analyst, coba perhatiin baik-baik deh matkul RPL atau Anaperancis, dan juga Propensi.

  • Data Scientist

Dan ini pekerjaan paling indah menurut gw XD. Ya, jadi data scientist tuh ngapain sih? Intinya lo akan bermain-main dengan data yang cukup besar dan mencoba menggali informasi dan pengetahuan dari sana yang bisa digunakan untuk memajukan bisnis perusahaan. Kalo gw jabarin pengetahuan ttg DS selama ini mungkin akan sangat panjang ya, tapi intinya pekerjaan ini membutuhkan skill di statistik, teknologi, dan bisnis (tergantung perusahaannya juga sih). Kalo tertarik dengan DS, bisa ambil mata kuliah Data Science&Analytics, Data Mining, Machine Learning, Natural Language Processing, Information Retrieval, Pengelolaan Data Besar, dan Analitika Media Sosial. Statprob, BI, CRM juga menurut gw bisa berguna.

  • Business Intelligence Analyst

Kalo ini, lo juga akan bermain-main dengan data, tapi ga se”kotor” Data Scientist. Karena emang lebih difokuskan dalam membuat visualisasi, report, yang bisa dibaca dengan mudah oleh para decision maker untuk mengambil keputusan terkait bisnis. Kalo tertarik dengan BI, bisa ambil matkul Business Intelligence (yaiyalah) dan mungkin matkul2 SI lainnya seperti CRM, E-commerce, dan knowledge management.

  • IT Consultant

Konsultan IT tuh ngapain sih? Intinya sebagai konsultan membimbing klien dalam memecahkan permasalahan IT dengan memanfaatkan IT di perusahaannya. Kasusnya juga bisa macem-macem sih, mulai dari perancangan, pengembangan, hingga sistem tersebut diimplementasi. Sebagai IT Consultant juga kita harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan juga siap untuk kerja pindah-pindah tempat (dinamis). Jadi buat kalian yang merasa ga passion ngoding, tapi tertarik dengan problem solving dan analisis cobain deh pekerjaan yang satu ini. Matkul yang bisa membantu kalian untuk jadi IT Consultant yaitu TKSP, EAI, Kombistek, Manpro, dan MSI.

Selain pekerjaan di atas, kalian juga bisa jadi UI/UX Designer, Product manager, Database administrator, data analyst, business analyst, game developer, IT Architecture & Infrastructure, IT Support, SAP Consultant, dll. Jadi, banyak banget kan jenis pekerjaan anak lulusan IT? Gajinya pun bervariasi, mulai dari 4 juta hingga bisa mencapai belasan juta untuk fresh graduate, tentunya sesuai dengan jobdesc dan jenis perusahaannya. Saran gw untuk kalian yang masih kuliah, jangan sia-siain pelajaran di kelas, karena sebenernya ketika kalian ngambil suatu matkul tuh kalian dibimbing banget sama dosen, mulai dari diajarin di kelas sampe ke tugas-tugas yang bisa ningkatin skill kalian. Karena ketika sudah lulus, udah gaada lagi yang bisa ngebimbing secara langsung, dan harus otodidak belajarnya dari course-course online atau e-book :’D.

Mohon maaf kalo ada kesalahan penulisan, deskripsi pekerjaan mungkin berbeda-beda sesuai dengan perusahaannya masing-masing. Di luar pekerjaan di atas juga masih banyak pekerjaan lain yang bisa lo dapatkan, cuman gw gainget aja wkwk. Selain kerja di perusahaan, kalian juga bisa jadi freelancer atau ngambil proyekan dan kerjain deh di rumah. Beberapa perusahaan IT juga memperbolehkan kalian buat remote atau kerja dari rumah.

Sekian dulu yah, terima kasih dan sampai jumpa!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s