Review Mata Kuliah Pemrograman Skala Perusahaan Semester Gasal 2016/2017

Halo.

Dari namanya saja terlihat keren, ya? Kenyataannya ya, memang keren dan memang sangat cocok untuk diambil sebelum mengambil mata kuliah propensi. Menurut saya pribadi, mata kuliah ini seperti mata kuliah propensi bagian implementasi, NAMUN, diajarkan dengan benar konsep-konsep dan teknik yang dilakukan ketika mengimplentasi suatu sistem yang besar.

Pada mata kuliah ini, kami menggunakan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan Spring Boot sebagai frameworknya. (Yah ketemu Java lagi ya?). Mata kuliah ini terdiri dari 4sks, yang biasanya 2sks digunakan untuk teori atau membahas slide dan 2sks berikutnya untuk melakukan tutorial di kelas. Tutorialnya sangat mudah dimengerti, sama seperti pdb, sehingga menurut saya tetap bisa diikuti dengan baik oleh anak SI.

Pada awal perkuliahan, mungkin cukup ribet untuk menginstall berbagai aplikasi dan menyiapkan environmentnya, (terlebih saya yang sempet bolos 2 minggu di awal kuliah dan dibarengi dengan pdb yang membutuhkan environment tertentu juga :’)). Tapi dosennya sangat baik sekali dalam membantu kami, dan sangat peduli juga dengan kami jika ada yang error dalam melakukan tutorial.

Kemudian belajar tentang konsep MVC, database, bagaimana cara ngoding yang benar, menghubungkan database dengan aplikasi, dan petuah-petuah lainnya. UTSnya cukup menegangkan, yaitu ngoding selama 4 jam di kelas.

Selain itu, kami juga belajar tentang Web Service, Application Security, Unit Testing, Session (Login logout), dan ditutup manis dengan tugas akhir berkelompok :’) . Tugas akhir berjalan dengan waktu 1 bulan, dengan requirement yang cukup kompleks dan butuh koordinasi dan integrasi dengan kelompok lainnya.

So far, mata kuliah ini memberikan gambaran kepada kami tentang pengembangan suatu sistem di perusahaan yang tentunya tidak hanya memiliki satu sistem saja, namun sangat banyak sistem yang saling terintegrasi. Bagi saya pribadi, mata kuliah ini sangat penting untuk SI, yang nantinya mungkin akan lebih banyak bekerja dalam pengembangan sistem yang besar (walaupun bukan sebagai programmer).

Terima kasih kepada Pak Denny dan (lagi-lagi) Kak Remmy 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s