Pengalaman Ngelamar Magang

Hello!

Sekali-sekali mau cerita tentang salah satu pengalaman yang paling berharga di dalam hidup gw, yaitu magang di PwC! Tapi sebelumnya mau cerita dulu pengalaman mencari magang sebelum keterima di sana. Dimulai dari acara CDC UI bulan februari (kalo ga salah), gw yang sedang mencari lowongan magang kesana kemari akhirnya memutuskan ke sana. Jujur, pertama kali kenal PwC itu pas gw ke CDC. Sebelumnya gw gatau itu apa, kenapa pas di cdc kok booth nya mereka rame banget. Akhirnya iseng-iseng nanya ada lowongan untuk internship atau ngga, dan akhirnya disuruh drop CV. Awalnya mereka bilang kalo cuma ada lowongan untuk IT Audit, yang sebenernya gw ga tertarik dan gatau juga IT Audit itu ngapain. Selain drop cv di sana, gw juga drop cv di beberapa perusahaan lain dan juga ada beberapa perusahaan yang minta cvnya dikirim lewat email. Karena takut ga dapet tempat KP, akhirnya kirim aja cv ke manapun yang buka lowongan.

Pertama kali direspon yaitu sama T*k*p*d*a. Jadi mayoritas anak Fasilkom pun sepertinya direspon dan disuruh tes di sana. Tesnya sih ngoding karena posisi yang dibutuhkan itu Software Engineer. Jujur, gw ga masalah sih kalo magang ngoding, malah seneng2 aja, tapi gatau kenapa mungkin karena udah lama ga ngoding susah, terus tuh rasanya males banget mikir kodingan yang ribet2 gitu. Akhirnya gw ga ikut-in tesnya. Kemudian sempet di-email sama V*r*t*a*s untuk posisi business development kalo gasalah, dan mayoritas anak Fasilkom yang daftar pun di-invite ke acaranya gitu. Gatau kenapa, lagi-lagi gw males karena judulnya “business”. Gw mikirnya “pasti nanti disuruh banyak ngomong, gw gasuka ngomong ah”. (Sebenernya gw suka apa sih? Ngoding gamau, berhubungan sama bisnis juga gamau). Akhirnya gaikut juga.

Jujur, alesan gw ga tertarik karena gw dulu masih pengen (banget) magang di bidang business intelligence atau data mining gitu. Akhirnya setiap nyari lowongan di google selalu “business intelligence internship”  atau “data analyst internship” dsb. Selagi nyari-nyari lowongan, tiba-tiba di-email sama PwC disuruh kirim sesuatu gitu. Dalem hati gw, “yaudah kirim aja lah”. Agak males sebenernya karena sampai saat itu gw taunya akan ditempatkan di posisi IT Audit yang gw gatau itu ngapain. Beberapa hari kemudian, di-email lagi diinvite interview di sana. Di email nya di bilang kalo gw ternyata interview sama user di posisi Technology-Consulting. Kaget!! (pake banget) karena gw ngiranya itu bakal keren banget!

Sampai saat itu, gw masih belum tau kalo PwC punya jasa consulting juga. Akhirnya mulai cari-cari tau lebih dalam tentang PwC. Selain jadi Big Four nya KAP, ternyata PwC punya jasa konsultansi juga, begitupun dengan teman-teman Big Four yang lainnya. Nyari-nyari cerita tentang PwC di google rata2 isinya tentang pengalaman di bidang audit/finance/akuntansi. Kemudian tibalah saat interview. Saat interview gw ga begitu deg-degan karena user nya baik banget!!!! Setelah nunggu 2 minggu (mungkin) baru dapet kabar hasil interview gw dan hasilnya diterima. Alhamdulillah (banget) karena waktu itu kalo ga salah udah bulan April dan orang-orang udah banyak yang dapet tempat magang. Pokoknya seneng parah lah.

Selanjutnya gw cerita di postingan yang berbeda ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s